Welcome to our site

welcome text --- Nam sed nisl justo. Duis ornare nulla at lectus varius sodales quis non eros. Proin sollicitudin tincidunt augue eu pharetra. Nulla nec magna mi, eget volutpat augue. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer tincidunt iaculis risus, non placerat arcu molestie in.

NGABEN

10/02/2009

Ngaben adalah upacara pembakaran mayat atau kremasi umat Hindu Bali / salah satu tradisi budaya Bali yang sangat di kenal sampai ke manca negara karena keunikannya.

Ngaben adalah upacara pembakaran mayat atau kremasi umat Hindu Bali / salah satu tradisi budaya Bali yang sangat di kenal sampai ke manca negara karena keunikannya.
CONTOH : ( GAMBAR )



TUJUAN :

Ngaben itu tujuannya buat mempercepat kembalinya jasad seseorang kepada 5 unsur yang membentuk badannya.. unsur-unsur itu adalah pertiwi, apah, teja, bayu dan akasa (tanah, api, air, udara dan ruang).. dan ngaben itu bukan untuk beramal.. tapi merupakan kewajiban umat hindu untuk melaksanakannya.



SEJARAH NGABEN

NGABEN.. upacara unik yang mirip dengan kremasi ala india. tapi kerennya, ngaben bukan plagiat dari india. sangat berbeda jauh. mulai dari susunan acara ampe benten alias sesajiannya. tapi.. ga semua orang bali melakukan ngaben di hari kematiannya. ngaben itu pure dari budaya dan adat istiadat setempat. buktinya.. orang2 trunyan ga nglakuin itu. dan ngaben juga bukan semata2 karena mereka agama hindu. bukti juga mengatakan bahwa hindu tengger tidak melakukan ngaben, melainkan menguburnya seperti biasa.
SEJARAH NGABEN sejak jaman Majapahit di abad ke-14
NGABEN untuk orang Hindu Bali yang meninggal, maka di Tenganan orang yang meninggal akan dikubur. Hanya saja jenasahnya dimakamkan tidak dalam posisi terlentang tetapi dalam posisi meringkuk seperti janin di dalam rahim ibu. Filosofi yang mendalam dalam mencandra kehidupan.


0 komentar: